foto1

KARANGANYAR, PT BPR Kandimadu Arta yang berkantor pusat di Colomadu,  Karanganyar, menyelenggarakan workshop " Penerapan APU PPT dan Penilaian Profile Nasabah ".  Jumat, (1/3/2019), Bertempat di Laras Asri Resort Salatiga.

Workshop diikuti 46 peserta mulai jajaran pengurus, direksi dan kayawan. Dibuka oleh Direktur Utama, Ir.  Agustinus Sutejo, MM. Dalam sambutannya mengharapkan agar bisa menjaga BPR, tidak menjadi tempat atau sarang pencucian uang dan pendanaan terorisme.

"Jangan sampai kita memiliki nasabah yang terindikasi melakukan pencucian uang dan pendanaan terorisme. Resiko sangat tinggi dan sangat berbahaya. Baik resiko operasional,  resiko hukum maupun resiko reputasi," paparnya.

pasar2

Indeks Harga Konsumen (IHK) mengalami deflasi pada Agustus 2017 sehingga mendukung pencapaian sasaran inflasi 2017 sebesar 4,0±1%. IHK Agustus 2017 tercatat deflasi sebesar 0,07% (mtm), lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata inflasi bulan Agustus tiga tahun terakhir sebesar 0,28% (mtm). Perkembangan ini merupakan dampak membaiknya pasokan, pengaruh faktor musiman pascalebaran dan liburan sekolah serta kontribusi positif berbagai kebijakan yang ditempuh Pemerintah dan koordinasi yang kuat dengan Bank Indonesia. Berdasarkan komponen, inflasi yang terkendali terutama dipengaruhi inflasi kelompok volatile food dan kelompok administered prices. Dengan perkembangan tersebut, inflasi IHK sampai dengan bulan Agustus tercatat 2,53% (ytd) atau secara tahunan mencapai 3,82% (yoy).

 

Perbankan nasional diminta untuk mengantisipasi adanya perubahan digitalisasi terutama menyambut revolusi industri 4.0 yang telah berkembang saat ini. Hal tersebut disampaikan langsung oleh Presiden Jokowi saat menghadiri acara Pertemuan Tahunan Industri Jasa Keuangan di Hotel Ritz-Carlton Jakarta, Kamis malam 18 Januari 2018.

Dirinya berpesan, agar semua sektor jasa keuangan nasional harus menyesuaikan diri agar tidak tertinggal dari negara maju lainnya yang terus berkembang dengan teknologi.

“Kita harus hati-hati bahwa kita telah masuk pada revolusi industri 4.0. Hati-hati basisnya adalah digitalisasi, analisa big data dan teknologi fisik. Maka industri keuangan juga harus bersiap diri menyongsong revolusi industri keempat,” ungkap Jokowi di Hotel Ritz-Carlton Jakarta, Kamis malam 18 Januari 2018.

Jokowi juga berharap, agar industri jasa keuangan kedepan dapat menggunakan teknologi secara maksimal, salahsatunya dengan pemanfaatan teknologi untuk layanan perbankan yang lebih baik. Selain itu, dirinya juga berharap adanya teknologi akan semakin memudahkan masyarakat, agar tidak perlu ke kantor cabang untuk dapat menikmati layanan perbankan.

“Harus banyak redefinisi mengenai luas lahan, jarak, dan kantor kerja. Sekarang sudah berbeda, kantor nanti tidak dipakai lagi, kedepan kantor tidak diperlukan akibat teknologi yang ada,” tambah Jokowi.

Sumber : infobanknews.com

inflasiInflasi Juli 2017 terkendali sehingga mendukung pencapaian sasaran inflasi 2017 sebesar 4,0±1%. Inflasi Indeks Harga Konsumen (IHK) Juli 2017 tercatat sebesar 0,22% (mtm), lebih rendah dibandingkan dengan rata-rata inflasi pascalebaran tiga tahun terakhir sebesar 0,28% (mtm). Perkembangan ini merupakan kontribusi positif berbagai kebijakan yang ditempuh Pemerintah dan koordinasi yang kuat dengan Bank Indonesia. Berdasarkan komponen, inflasi yang terkendali terutama dipengaruhi inflasi kelompok administered prices dan kelompok volatile food. Dengan perkembangan tersebut, inflasi IHK sampai dengan bulan Juli tercatat 2,60% (ytd) atau secara tahunan mencapai 3,88% (yoy).

Inflasi administered prices tercatat sebesar 0,07% (mtm) menurun dibandingkan bulan lalu sebesar 2,10% (mtm). Meredanya inflasi administered prices di bulan ini lebih disebabkan telah selesainya penyesuaian tarif listrik untuk pelanggan daya 900 VA nonsubsidi. Tarif angkutan antar kota dan kereta api tercatat mengalami deflasi. Sementara itu tarif angkutan udara masih menyumbang inflasi seiring dengan masih berlanjutnya liburan sekolah. Secara tahunan, inflasi administered prices mencapai sebesar 9,27% (yoy).